Friday, December 17, 2010

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat


Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat


            Perbedaan Kepentingan

Maksud Perbedaan Kepentingan
           
Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan untuk melangsungkan kehidupannya. Tetapi walau saling berhubungan, mereka mempunyai kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya perbedaan kepentingan memiliki kendaraan bermotor. Bagi pekerja kantor atau orang yang sudah bekerja tentunya kendaraan sangat penting untuk berangkat ke kantor. Bagi tukang ojek yaitu sebagai mata pencaharian mereka. Bagi para pemodivikasi tentunya menjadi objek yang di modivikasi, baik untuk kontes atau sekedar hobby. 

Prasangka Diskriminasi dan Ethosentris

Pengertian Diskriminasi
           
            Diskriminasi bisa disebut sebagai perilaku tidak adil kepada individu tertentu. Perilaku ini disebabkan oleh pandangan karakteristik oleh individu tersebut. Tindakan diskriminasi bisa kita temukan di kehidupan masyarakat. Yang menyebabkannya adalah sifat membeda-bedakan satu sama lain.

 Pengertian Etnosentris

            Etnosentrisme adalah pemikiran bahwa kebudayaan yang dimilikinya sebagai kebudayaan yang paling baik, prima dan terpandang dan menjadi tolak ukur untuk kebudayaan lain. Sifat ini sangat tidak baik jika terlalu berlebihan. Biasanya etnosentrisme dilakukan secara tidak sengaja atau secara spontan.


            Pertentangan Sosial Ketegangan Masyarakat

Pertentangan dan Ketegangan Dalam Masyarakat

            Pertentangan dan ketegangan terjadi di masyarakat apabila ada pemicunya, misalkan perbedaan pandangan dalam suatu hal dan konflik yang tengah menimpa lingkungan masyarakat tersebut. Keadaan ini harus diselesaikan melalui jalan musyawarah, jika tidak akan terjadi perang dingin.

Golongan-golongan Yang Berbeda dan Integrasi Sosial

Golongan-golongan yang berbeda dan integrasi sosial
           
            Di dalam masyarakat terdapat golongan-golongan yang membedakan satu dengan yang lainnya dan dipersatukan dengan sistem nasional negara, aspek-aspek yang mempersatukannya yaitu sebagai berikut :
-          Bahasa
-          Agama
-          Kebudayaan
-          Bangsa


Integrasi Sosial

            Integrasi sosial menyatukan, mengaitkan satu dengan yang lain, yakni unsur sosial atau kemasyarakatan dari berbagai ancaman dan tantangan baik dari dalam masyarakat maupun luar masyarakat.  

Bentuk integrasi sosial

-          Asimilasi, yaitu pembauran kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli.
-          Akulturasi, yaitu penerimaan sebagian unsur-unsur asing tanpa menghilangkan kebudayaan asli.
                                                              

Integrasi Nasional 

Integrasi nasional adalah kesatuan dan persatuan negara, dimana di Indonesia tindakan tersebut sangat sulit dilakukan. Para pejuang kemerdekaan dengan susah payah mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda yang dibacakan oleh pemuda dan pemudi Indonesia mencerminkan bahwa persatuan dan kesatuan adalah tujuan utama negara ini untuk mendapatkan kemerdekaan. Dan akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dari penjajahan selama puluhan tahun.
           
           
           

No comments:

Post a Comment