Tuesday, December 14, 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat


Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pertumbuhan Individu

Pengertian Individu

Individu adalah suatu bagian terkecil dari kelompok masyarakat luas yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Kita ambil contoh dari keluarga saja. Keluarga teridiri dari ayah, ibu dan anak. Ayah dan ibu merupakan suatu individu yang sudah tidak dapat dibagi lagi, karena dalam satu keluarga hanya terdapat satu ayah dan satu ibu. Tetapi lain lagi dengan anak, anak dapat dibagi lagi karena dalam satu keluarga bisa lebih dari satu anak.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah suatu perubahan dalam besar, jumlah dan ukuran yang dapat diukur dengan berat, ukuran panjang dan lain-lain.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan :

  1. faktor lingkungan
  2. faktor genetic (gizi,hormon,umur,jenis kelamin dan metabolisme)
  3. faktor keluarga dan istiadat (pendidikan,pekerjaan,agama pendidikan politik dan lain-lain)
  4. faktor psikososial (interaksi, teman sebaya, cinta dan kasih sayang, motivasi untuk belajar)


Fungsi Keluarga

Pengertian Fungsi Keluarga

Fungsi keluarga adalah suatu manfaat yang diambil dari kehidupan berkeluarga agar dapat memahami betapa pentingnya suatu keluarga.

Macam-macam fungsi keluarga
           
            Fungsi keluarga sangat banyak dan bermanfaat bagi kita, diantaranya yaitu :

  1. Menjadi motivasi kita dalam bekerja
  2. Memberikan semangat, dukungan untuk menuntut ilmu
  3. Sebagai media saling mencurahkan isi hati kita
  4. Sebagai solusi untuk memecahkan masalah

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pengertian Keluarga

Keluarga adalah suatu unit terkecil kedua setelah individu yang memiliki ikatan sedarah. Didalam keluarga terdapat ayah, ibu dan anak. Peran ayah sebagai kepala keluarga sangat penting memberi nafkah kepada istri dan anaknya. Sama halnya dengan ibu, dia juga berperan penting didalam keluaraga yaitu sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai waktu banyak untuk anak-anaknya, yaitu untuk membimbingnya, mengajarkan sopan santun, dan merawatnya hingga dewasa.


Pengertian Masyarakat

Masyarakat adalah suatu kumpulan individu yang tinggal di suatu wilayah dimana mereka saling berinteraksi dan memiliki ketergantungan.


Perbedaan masyarakat industri dan non industri

A. Masyarakat Industri

Masyarakat industri adalah masyarakat yang hidup dari hasil teknologi modern. Contoh masyarakat industri yang kongkrit bisa di lihat dari masyrakat Jepang, Amerika,Inggris dan Perancis. Masyarakat industri dapat memecahkan permasalahan dengan teknologi dan hasilnya efisien juga efektif.

B. Masyarakat Non Industri

Masyarakat non industri terbagi menjadi dua, yaitu masyarakat primer dan masyarakat sekunder.

1. Masyarakat Primer

Kelompok masyarakat ini hubungannya lebih erat dan lebih akrab. Hal ini disebabkan karena mereka saling berdialog dan tatap muka. Selain itu masyarakat primer bersifat kekeluargaan yang memiliki rasa simpati yang tinggi.

2. Masyarakat Sekunder

Berbeda dengan masyarakat primer, masyarakat sekunder justru tidak begitu erat hubungannya dan kurang kekeluargaan. Mungkin hal ini disebabkan karena adanya hubungan tak langsung dan bersifat formal.



Makna Individu

Sebagai seorang individu, kita tentunya membutuhkan individu lain untuk proses sosialisasi. Tanpa adanya individu lain kita tidak bisa bertahan hidup. Dan tentunya sebagai individu, kita harus memiliki rasa tanggung jawab kepada keluarga, lingkungan masyarakat dan negara.

Makna Keluarga

            Keluarga sangat berperan penting dalam pembentukan jati diri seseorang. Karena dari keluarga kita bisa menjadi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus membanggakan keluarga dengan kesuksesan kita dalam menuntut ilmu, bekerja dan berumah tangga kelak.

Makna Masyarakat

            Masyarakat memiliki peran yang penting bagi lingkungan sekitar. Masyarakat harus saling mengerti, memahami dan bergotong royong demi terciptanya keadaan lingkungan yang aman, tenteram dan damai.


Hubungan Antara Individu, Keluarga dan Masyarakat

Ketiga-tiganya saling berinteraksi dan memiliki perannya masing-masing. Masyarakat berasal dari beberapa kepala keluarga yang tinggal di suatu wilayah, keluarga berasal dari pernikahan satu individu dengan satu individu lain. Sebagai individu, kita harus memberikan yang terbaik bagi keluarga, karena dari keluarga kita hidup seperti sekarang ini dan juga memberikan pandangan baik ke masyarakat agar dapat menjadi masyarakat yang berguna.

Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi dan Faktor Penyebab Terjadinya Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan beberapa alasan. Misalnya, mencari pekerjaan, menetap bersama keluarga, menuntut ilmu, mencari jodoh, lahan pertanian yang menyempit dan masih banyak faktor-faktor yang lainnya.

























No comments:

Post a Comment