Thursday, December 9, 2010

Agama dan Masyarakat

Fungsi Agama

Fungsi agama dalam masyarakat

Agama sangat berperan penting dalam masyarakat untuk menuntun ke jalan yang benar dan dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan adanya agama, masyarakat tidak brutal dan tak terarah. Selain itu agama juga berfungsi sebagai solusi daripada masalah yang kerap timbul di masyarakat dan juga dapat menumbuhkan rasa sosial kepada masyarakat.

Dimensi komitmen agama
           
Agama mempunyai 2 dimensi yaitu transcendental (ukhrowi) menyangkut hubungan manusia dengan Tuhannya dan mondial (duniawi) menyangkut hubungan manusia dengan manusia lain dan lingkungan.

Pelembagaan Agama

Ada beberapa alasan tentang mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia, antara lain adalah :
  •  Agama merupakan sumber moral
  •  Agama merupakan petunjuk kebenaran
  •  Agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika.
  •  Agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia baik di kala suka, maupun di kala duka.
                                                                       
Tiga tipe kaitan agama dengan masyarakat:
a. masyarakat dan nilai-nilai sacral
b. masyarakat-masyarakat praindustri yang sedang berkembang
c. masyarakat-masyarakat industri sekuler

Agama, konflik dan masyarakat
Masalah yang sekarang ini sedang panas-panasnya adalah munculnya aliran agama baru dan nabi baru. Tentunya hal ini sangat menjadi pusat perhatian. Ada yang mengaku mendapatkan wahyu lewat mimpi, macam-macam orang mengklaim dirinya sebagai rasul atau nabi. Dalam agama islam, kita sudah mengetahui bahwa rasul terakhir adalah rasul kita Muhammad S.A.W. Dan agama yang terakhir adalah islam. Tetepi akhir akhir ini banyak sekali bermunculan aliran agama baru. Sasarannya adalah para pemuda dan orang yang “tidak mau repot” dan suka hal yang lebih “simple”. Untuk menyikapi ini, kita harus berpegang teguh dengan apa yang sudah kita yakini. Bagi umat islam , Al-Qur`an sudah menjawab semuanya.
Satu lagi masalah yang sangat baru-baru ini dibahas di media yaitu pembangunan tempat ibadah. Misal, pembangunan masjid di kota New York, Amerika dan pembangunan gereja di salah satu daerah di Indonesia.




No comments:

Post a Comment