Friday, December 17, 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


            Pelapisan Sosial

Pengertian Pelapisan Sosial

Pelapisan sosial adalah pengelompokan masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat. Kelas-kelas tersebut diukur dengan melihat harta kekayaan, ilmu pengetahuan dan kekuasaan.

 Terjadinya Pelapisan Sosial

  1. Terjadi dengan sendirinya, maksudnya pelapisan sosial terjadi sesuai keadaan pertumbuhan masyarakat tersebut.
  2. Terjadi dengan sengaja, maksudnya pelapisan sosial terjadi secara sengaja yaitu dibentuk oleh masyarakat itu sendiri untuk mendapatkan tujuan bersama.
Contoh : Pemilihan ketua RT yang dipilih oleh warganya.

Perbedaan Sistem Pelapisan Sosial

            Pembedaan sistem pelapisan sosial dalam masyarakat menurut sifatnya yaitu sistem pelapisan masyarakat yang tertutup, pindahnya anggota masyarakat ke kelas yang lebih tinggi sungguh tidak mungkin terjadi, kecuali adanya sesuatu hal yang istimewa terjadi. Misalnya, di negara India sistem ini digunakan yakni dikenal dengan sistem kasta.


Beberapa Teori Pelapisan Sosial

1) Masyarakat terdiri dari Kelas Atas (Upper Class) dan Kelas Bawah (Lower  Class).

2) Masyarakat terdiri dari tiga kelas, yaitu Kelas Atas (Upper Class), Kelas Menengah (Middle Class) dan Kelas Bawah (Lower Class).

3) Sementara itu ada pula sering kita dengar : Kelas Atas (Upper Class), Kelas Menengah (Middle Class), Kelas Menengah Ke Bawah (Lower Middle Class) dan Kelas Bawah (Lower Class).

Pendapat para ahli sarjana mempunyai pendapat yang berbeda tentang pembagian pelapisan masyarkat, yakni:

-          Aristoteles membagi masyarakat berdasarkan tingkat ekonominya, sehingga ada kelas kaya, menengah dan melarat.
-           Karl Mark berpendapat ada dua macam golongan masyarakat, pertama masyarakat yang memiliki tanah dan alat-alat untuk produksi , sedangkan yang kedua yaitu masyarakat yang hanya memiliki tenaga untuk membantu proses produksi tersebut.


Kesamaan Derajat

Pengertian Kesamaan Derajat

            Setiap orang ingin dipandang sama, tidak dibeda-bedakan. Hal ini akan membuat masyarakat lebih tenang dan disegani oleh siapapun. Contonya, dimata hukum semua orang sama dan yang patut diketahui semua orang, seperti presiden, wakil rakyat, orang kaya, orang bergelar dan terpandang semua sama dimata Tuhan, hanya amal dan perbuatanlah yang membedakan mereka.


Hak Asasi Manusia tercantum dalam UUD 1945

            Didalam UUD 45 yang telah diamandemen, HAM diatur di BAB XA mulai dari pasal 28A sampai 28J. Di bawah ini saya cantumkan 4 pasal diantaranya, yaitu:

-          Pasal 28A : Setiap orang berhak untuk hidup serta mempertahankan hidup dan kehidupannya.
-          Pasal 28B : (1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
-          Pasal 28F : Setiap  orang  berhak  untuk  berkomunikasi dan  memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan  sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah,  dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
-     Pasal 28G : (1)  Setiap  orang  berhak atas perlindungan  diri pribadi,  keluarga,  kehormatan, martabat, dan harta benda yang dibawah  kekuasaannya,  serta berhak atas rasa aman  dan  perlindungan  dari  ancaman ketakutan  untuk  berbuat  atau tidak berbuat sesuatu yang  merupakan hak asasi. (2)  Setiap  orang  berhak  untuk  bebas  dari  penyiksaan  dan  perlakuan  yang merendahkan  derajat  martabat  manusia  dan  berhak   memperoleh  suaka politik dari negara lain.


Elite dan Massa

Pengertian Elite

            Elite adalah sesuatu yang mewah dan berkelas tinggi, berbeda dengan lainnya. Misalnya orang elite, yaitu orang yang terpandang, terpilih dan mempunyai martabat yang tinggi seperti bangsawan, cendekiawan dan lain sebagainya.


Fungsi Elite Dalam Memegang Strategi

           
            Di bawah ini adalah pembedaan elite dalam memegang strategi secara garis, yaitu:

-          Elite politik (elite yang berkuasa dalam mencapai tujuan)
-          Elite ekonomi, militer, diplomatik dan cendekiawan (mereka yang berkuasa dalam bidang tersebut)
-          Elite agama, filsuf, pendidik dan pemuka masyarakat
-          Elite yang dapat memberikan kebutuhan psikologis, seperti artis, tokoh film, olahragawan tokoh hiburan dan sebagainay.


Pengertian Massa

            Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama.

Ciri-ciri Massa

-          Terdiri dari semua lapisan masyarakat, mulai dari masyarakat kelas atas sampai kelas bawah.
-          Sedikitnya interaksi yang terjadi diantara mereka.
-          Tidak bisa bertindak dan mengambil keputusan secara bulat.

             





No comments:

Post a Comment