Saturday, April 26, 2014

Software Open Source


Software open source lebih banyak digunakan ketimbang software licence. Ini dikarenakan software open source bersifat gratis, walaupun ada beberapa yang berbayar dan itupun lebih murah ketimbang software licence,  juga dapat dikembangkan oleh penggunanya.  Maka dari itu, software open source lebih banyak “digemari” oleh para programmer.



Secara pribadi, saya lebih sering menggunakan software open source untuk membuat aplikasi, ketimbang software berbayar. Salah satu software open source yang pernah saya gunakan adalah Android Developer Tools atau yang biasa disingkat ADT Bundle. Salah satu fungsi dari software tersebut adalah untuk membuat aplikasi berbasis Android.

Keuntungan dan Kerugian Software Open Source

Keuntungan
a. Ketersedian source code dan hak untuk memodifikasi
Ini merupakan hal yang penting. Hal ini menyebakan perubahan dan improvisasi pada produk software. Selain itu, hal ini memunculkan kemungkinan untuk meletakan code pada hardware baru, agar dapat diadaptasi pada situasi yang berubah-ubah, dan menjangkau pemahaman bagimana sistem itu bekerja secara detail. 

b. Hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code
Hal ini merupakan titik perbedaan Open Source Software dengan Free Software. Pada kenyataannya, hak pendistribusian diakui dan merupakan hal yang umum, ini adalah hal yang berpengaruh bagi sekumpulan developer ( pengembang ) untuk bekerja bersama dalam project Open Source Software.

Kerugian
a. Tidak ada garansi dari pengembangan
Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

b. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.

c. Kesulitan dalam mengetahui status project
Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.

http://nyenyenk.blogspot.com/2008/12/keuntungan-dan-kerugian-dari-open.html
http://betanews.com/wp-content/uploads/2013/07/open-source.jpg



No comments:

Post a Comment