Sunday, April 27, 2014

Kriteria Manager Proyek yang Baik

Di dalam sebuah proyek, manajer proyek bertanggung jawab atas terlaksananya suatu proyek. Namun, mereka bukanlah orang yang memiliki otoritas tertinggi dalam sutu proyek. Otoritas tertinggi dipegang oleh para manajer senior atau champion. Champion merupakan sponsor proyek atau pemilik proyek. 

Tanggung jawab utama sebagai manajer proyek yang paling pokok ada 3 (tiga) hal, antara lain adalah sebagai berikut :
Merencanakan atau menjadwalkan proyek
Mengelola sumber daya.
Mengkomunikasikan proyek.




Selain daripada itu, terdapat pula kriteria manager proyek yang baik, yaitu:
1.  Karakter dari kepribadiannya
           a) Harus memahami dan menguasai semua hal, baik secara teori maupun teknis terhadap proyek          yang sedang ditangani
           b) Memiliki pengalaman dan keahlian yang berkaitan dengan proyek yang sedang dikelola
           c) Mampu bertindak secara adil dan bertanggung jawab
           d) Memiliki wibawa, mampu beradaptasi dan bergaul dengan bawahan, sehingga tidak ada                    kesenjangan sosial antara atasan dan bawahan
2.  Karakteristik dari kemampuan terkait dengan proyek yang dikelola
           a) Memiliki komitmen yang tinggi untuk meraih tujuan serta keberhasilan proyek
           b) Mampu menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu dan anggaran yang diberikan
           c) Membuat dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak              terduga
           d) Mampu membuat perencanaan dalam jangka panjang maupun jangka pendek
           e) Memiliki kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal              tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika terjadi jadwal          maupun anggaran yang meleset
3.  Karakteristik kemampuan terkait dengan tim yang dipimpin
           a) Mampu bersosialisasi dengan bawahan atau anggota tim
           b) Mampu membangun kedisiplinan secara structural
           c) Memiliki kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manjerial
           d) Menghormati para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari            mereka
           e) Memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima pekerjaan-            pekerjaan yang didelegasikan darinya.
           f)  Berbagi sukses dengan seluruh anggota tim
           g) Mampu menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai
           h) Memberikan apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik

 Source:


No comments:

Post a Comment