Saturday, April 19, 2014

Sertifikasi IT Project Management Professional (PMP)

Sertifikasi IT
Secara garis besar sertifikasi IT adalah "sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang individu yang dianggap memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu / spesifik". Bentuk penghargaan ini berupa sertifikat khusus yang umumnya disertai dengan titel tertentu. Jika pernah mendengar istilah semacam CCNA, MCTS, CEH, OCP, dan lain sebagainya, itulah contoh titel bagi seorang pemegang sertifikat IT. Sertifikat IT ini berlaku Internasional dan dirilis / diterbitkan oleh vendor atau organisasi khusus yang tentunya sudah diakui secara Internasional juga. Bidangnya sendiri beragam, mulai dari sistem operasi, aplikasi, networking, programming, database, hingga IT management.

Sertifikasi Project Management Professional (PMP)
Project Management Professional (PMP) adalah salah satu dari sertifikasi profesional di bidang manajemen proyek yang disponsori oleh Project Management Intitute (PMI) yang berbasis di USA. Bagi sarjana yang pernah memiliki pengalaman di industri, sertifikat ini sangat menguntungkan. Sertifikat PMP ini untuk memvalidasi keterampilan manajer proyek dalam memimpin proyek teknologi, termasuk perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan proyek. Gaji yang memiliki sertifikasi PMP ini rata-rata 103.570 dolar dalam setahun (Global Knowledge).




Untuk bisa mengambil ujian sertifikasi PMP, PMI mensyaratkan hal-hal sebagai berikut:

1. Diploma dengan pengalaman 5 tahun di manajemen proyek, atau Sarjana dengan pengalaman 3 tahun di manajemen proyek. Untuk pengalaman di proyek, pada detail isian PMI akan meminta kandidat untuk menerangkan pada step apa keterlibatannya di proyek dan durasinya (dalam jumlah jam). Step pada proyek mengacu ke standard stepping yang diterapkan oleh PMI (Initiation, Planning, Execution & Monitoring, Closing).

2. Telah memiliki total 35 Personal Development Unit (PDU) yang merupakan representasi dari pelatihan manajemen proyek yang di selenggarakan oleh Registered Education Providers. 35 PDU sama dengan training manajemen proyek selam 35 jam (1 PDU=1 jam training). Indonesia hanya memiliki 2 – 3 provider yang sudah di approved oleh PMI dan detailnya bisa dilihat melalui PMI.
3. Membayar biaya aplikasi sebesar USD555 untuk non-member PMI, dan USD405 untuk member PMI.

4. Setelah mendapat approval, baru bisa mendaftar untuk mengikuti ujian sertifikasi yang akan dilakukan secara online melalui cabang Prometric. Ujian harus dilakukan tidak lebih dari 1 tahun terhitung dari diterimanya approval.

5. Ujian ulang diperkenankan (maksimum 2 kali, tetapi tetap harus dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun dari diterimanya approval), dan membayar biaya aplikasi tambahan sekitar USD200 – USD300 per ujian.

6. Sertifikasi PMP berlaku selama 3 tahun dan setiap PMI holder harus mencapai total nilai 60 PDUdalam kurun waktu tersebut untuk bisa mempertahankan sertifikat PMP yang dimilikinya.

Source : http://sigitwahyudiono.wordpress.com/2009/03/16/pmp-project-management-sertifikasi/
             http://efriany.blogspot.com/2013/07/10-macam-sertifikasi-it-terpopuler.html

No comments:

Post a Comment