Thursday, June 6, 2013

Sistematika Pembuatan Proposal

Pengertian Proposal

Proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh seorang  penulis yang bertujuan untuk menjelasan sebuah tujuan kepada  pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.





Sistematika Pembuatan Proposal

1. Pendahuluan
Pada bagian ini, berisi tentang hal-­hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan  tersebut. Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari­-hari. Poin-poin pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S­W­O­T yang telah dibahas sebelumnya.

2. Latar Belakang
Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya Tri Darma Perguruan Tinggi, program kerja pengurus dan lain-­lain. Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah Daerah No sekian.

3. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus). Tentukan juga keluaran yang diinginkan seperti apa.

4. Tema
­Tema yang akan diangkat dalam kegiatan tersebut.

5. Jenis Kegiatan
Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu. Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misalnya berupa seminar, pelatihan, penyampaian materi secara lisan, tanya jawab dan simulasi dan lain-lain.

6. Target
Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran­-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.

7. Sasaran/Peserta
­Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta).

8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
­Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.

9. Anggaran Dana
Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri.

10. Susunan Panitia
Dalam halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting­penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.

11. Jadwal Kegiatan
Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.

12. Penutup
Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak. Ditutup dengan lembar pengesahan proposal. Terakhir, diikuti dengan lampiran.



No comments:

Post a Comment