Sunday, April 8, 2012

Teori Permintaan, Penawaran dan Keseimbangannya


Definisi, Hukum, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi dan Kurva

Teori permintaan dan penawaran (supply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambaran yang terjadi di pasar, yaitu hubungan antara para calon pembeli dan pedagang/penjual suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran. Pengertian permintaan adalah
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

A.    Hukum Permintaan
Jika harga semakin murah, maka permintaan/pembeli semakin banyak dan sebaliknya jika harga semakin tinggi/mahal, maka permintaan/pembeli semakin sedikit.

B.      Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan (Demand)
-       Perilaku konsumen/selera konsumen
Saat ini Android menjadi salah satu gadget yang di buru dan senangi masyarakat, tetapi mungkin beberapa tahun lagi Android sudah menjadi gadget yang biasa saja.

-       Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Harga cat mobil/atau motor melonjak tinggi, maka harga dempul, tinner dan lain-lain juga menurun permintaannya.

-       Pendapatan/penghasilan konsumen
Jika orang yang memiliki gaji dan tunjangan yang besar, maka dia dapat membeli barang-barang yang dia butuhkan kapan saja ketika perlu, tetapi bagi orang yang memiliki gaji atau tunjangannya rendah, maka dia akan menghemat pemakaian barang yang dia beli agar dia jarang membelinya.

-       Perkiraan harga di masa yang akan datang
Jika masyarakat mengetahui harga suatu barang akan naik di masa depan, maka mereka akan membeli dengan jumlah besar untuk stok dirumahnya, agar pada suatu saat ketika harga barang tersebut melonjak/naik, mereka tidak perlu begitu khawatir, karena sudah mempunyai stok.

-       Banyaknya kebutuhan konsumen
Sebagai contoh, ketika hari biasa penjual daun kelapa sepi pembeli, karena hanya penjual tertentu seperti ketoprak, gado-gado dan lontong sayur yang membutuhkan daun itu. Tetapi ketika bulan puasa (ramadhan) tiba, penjual daun kelapa kewalahan, karena begitu besarnya permintaan pembeli daun kelapa untuk membuat ketupat.

C.    Kurva Permintaan
Dapat didefinisikan sebagai : “Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik. 



D.   Hukum Penawaran
Jika harga semakin rendah/murah, maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya jika harga         semakin tinggi/mahal, maka penawaran akan semakin banyak.

E.       Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran (Supply)
-       Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya produksi/pembuatan suatu produk besar, maka produsen akan membuat suatu produk dengan jumlah sedikit, karena takut tidak bisa bersaing dipasaran dengan produk sejenis atau takut tidak laku. Mungkin dengan menggunakan mesin/teknologi yang lebih canggih akan memangkas biaya produksi dan jumlah barang yang diproduksi lebih banyak.

-       Tujuan Perusahaan
Jika suatu perusahaan memiliki tujuan meraup untung sebesar-besarnya, maka produk dijual dengan harga yang tinggi. Dan jika suatu perusahaan ingin produknya laris dan dapat menguasai pasar, tentunya dengan untung yang rendah, maka produk dijual dengan harga murah demi menarik minat konsumen

-       Pajak
Jika pajak naik, otomatis harga suatu barang akan naik pula. Maka dari itu produsen memproduksi sedikit barang karena menurunnya minat konsumen.

-       Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika ada barang yang lebih murah (produk pesaing yang sejenis), maka masyarakat akan beralih ke yang lebih murah, sehingga permintaan menurun dan penawaran pun dikurangi.

-       Perkiraan harga di masa yang akan datang
Ketika harga suatu barang suatu saat nanti akan naik, maka produsen akan meningkatkan jumlah produksi suatu barang dengan maksud untuk meraup untung/menawarkan lebih banyak ketika harga barang tersebut akan naik di masa depan.

F.    Kurva Penawaran
Dapat didefinisikan sebagai : “Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
* Jika penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka 
   supply bergeser ke kiri atas.
* Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas.
* Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.



G.    Keseimbangan Permintaan dan Penawaran
Harga Keseimbangan adalah tingkat tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan yang terjadi antara konsumen ( penawaran  ) dan produsen ( permintaan ).
Pada harga keseimbangan produsen bersedia melepas barang/ jasa sedangkan konsumen bersedia membayar harganya.



Referensi :











No comments:

Post a Comment