Definisi, Hukum,
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi dan Kurva
Teori permintaan dan penawaran (supply and demand) dalam ilmu ekonomi,
adalah penggambaran yang terjadi di pasar, yaitu hubungan antara para calon
pembeli dan pedagang/penjual suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang
terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap
perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai
titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan
bahwa dalam suatu pasar yang
kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara
kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh
produsen, sehingga terciptalah keseimbangan
ekonomi antara harga
dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang
dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk
terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran. Pengertian permintaan adalah
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
A. Hukum Permintaan
Jika harga semakin murah, maka permintaan/pembeli
semakin banyak dan sebaliknya jika harga semakin tinggi/mahal, maka permintaan/pembeli
semakin sedikit.
B.
Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan (Demand)
- Perilaku
konsumen/selera konsumen
Saat ini
Android menjadi salah satu gadget yang di buru dan senangi masyarakat, tetapi
mungkin beberapa tahun lagi Android sudah menjadi gadget yang biasa saja.
- Ketersediaan
dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Harga cat
mobil/atau motor melonjak tinggi, maka harga dempul, tinner dan lain-lain juga
menurun permintaannya.
- Pendapatan/penghasilan
konsumen
Jika orang
yang memiliki gaji dan tunjangan yang besar, maka dia dapat membeli
barang-barang yang dia butuhkan kapan saja ketika perlu, tetapi bagi orang yang
memiliki gaji atau tunjangannya rendah, maka dia akan menghemat pemakaian
barang yang dia beli agar dia jarang membelinya.
- Perkiraan
harga di masa yang akan datang
Jika
masyarakat mengetahui harga suatu barang akan naik di masa depan, maka mereka
akan membeli dengan jumlah besar untuk stok dirumahnya, agar pada suatu saat
ketika harga barang tersebut melonjak/naik, mereka tidak perlu begitu khawatir,
karena sudah mempunyai stok.
- Banyaknya
kebutuhan konsumen
Sebagai
contoh, ketika hari biasa penjual daun kelapa sepi pembeli, karena hanya
penjual tertentu seperti ketoprak, gado-gado dan lontong sayur yang membutuhkan
daun itu. Tetapi ketika bulan puasa (ramadhan) tiba, penjual daun kelapa
kewalahan, karena begitu besarnya permintaan pembeli daun kelapa untuk membuat
ketupat.
C. Kurva Permintaan
Dapat didefinisikan sebagai : “Suatu kurva
yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan
jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai
jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian
disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang
mempunyai sifat hubungan terbalik.
D. Hukum Penawaran
Jika harga semakin rendah/murah, maka
penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya jika harga semakin tinggi/mahal,
maka penawaran akan semakin banyak.
E.
Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran (Supply)
- Biaya
produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya produksi/pembuatan
suatu produk besar, maka produsen akan membuat suatu produk dengan jumlah
sedikit, karena takut tidak bisa bersaing dipasaran dengan produk sejenis atau
takut tidak laku. Mungkin dengan menggunakan mesin/teknologi yang lebih canggih
akan memangkas biaya produksi dan jumlah barang yang diproduksi lebih banyak.
- Tujuan
Perusahaan
Jika suatu
perusahaan memiliki tujuan meraup untung sebesar-besarnya, maka produk dijual
dengan harga yang tinggi. Dan jika suatu perusahaan ingin produknya laris dan
dapat menguasai pasar, tentunya dengan untung yang rendah, maka produk dijual
dengan harga murah demi menarik minat konsumen
- Pajak
Jika pajak
naik, otomatis harga suatu barang akan naik pula. Maka dari itu produsen
memproduksi sedikit barang karena menurunnya minat konsumen.
- Ketersediaan
dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika ada
barang yang lebih murah (produk pesaing yang sejenis), maka masyarakat akan
beralih ke yang lebih murah, sehingga permintaan menurun dan penawaran pun
dikurangi.
- Perkiraan
harga di masa yang akan datang
Ketika harga
suatu barang suatu saat nanti akan naik, maka produsen akan meningkatkan jumlah
produksi suatu barang dengan maksud untuk meraup untung/menawarkan lebih banyak
ketika harga barang tersebut akan naik di masa depan.
F. Kurva Penawaran
Dapat didefinisikan sebagai : “Yaitu suatu kurva yang menunjukkan
hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang
tersebut yang ditawarkan”.
* Jika penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di
luar harga, maka
supply bergeser ke
kiri atas.
* Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas.
* Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
G. Keseimbangan Permintaan dan Penawaran
Harga Keseimbangan adalah tingkat tinggi rendahnya tingkat harga
yang terjadi atas kesepakatan yang terjadi antara konsumen ( penawaran )
dan produsen ( permintaan ).
Pada harga keseimbangan produsen bersedia melepas barang/ jasa
sedangkan konsumen bersedia membayar harganya.
Referensi :
No comments:
Post a Comment